728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 12 Juni 2015

Ragam Formasi Shalat Qiyamullail 11 Raka’at


Oleh: Wawan Gunawan Abdul Wahid *)
Alumni Angkatan Pertama PP Darul Arqam Muhammadiyah Garut (1978-1984),
Kadiv Kajian Kemasyarakatan dan Keluarga MTT PP Muhammadiyah.

Pendahuluan
Shalat sunnah adalah shalat yang dituntunkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam untuk dikerjakan sebagai tambahan (nafilah) pahala selain shalat wajib. Di antara shalat sunah yang senantiasa ditunaikan Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam adalah shalat dua raka’at sebelum shalat shubuh dan shalat malam. Salah satu keistimewaan dua shalat sunah ini adalah keduanya tetap ditunaikan Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam meskipun dalam posisi safar atau perjalanan. Diriwayatkan Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam tetap menunaikan shalat sunah qabla shalat Subuh meskipun waktu shalat Subuh sudah melampui waktunya. Nabi pun tetap menunaikan shalat malam meskipun dalam suasana genting upaya perdamaian Hudaibiyah.
Pada bulan Ramadlan, shalat malam ini pun termasuk yang sangat dianjurkan
Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam untuk ditunaikan. Karena itu, kiranya dipahami mengapa Himpunan Putusan Tarjih (HPT) memasukan shalat malam di bulan Ramadlan sebagai amalan utama. Hal ini, antara lain, didasarkan pada Hadits Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam sebagai berikut:
“Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu ia berkata: Rasullllah shalallahu ‘alaihi wasallam menganjurkan para sahabat untuk menunaikan shalat qiyamu Ramadlan tanpa menghukuminya wajib, kemudian beliau menegaskan:”Siapa yang menunaikan shalat qiyami Ramadlan dengan landasan iman dan mengharap pahala Allah niscaya dosa masa lalunya diampuni.”(HR. Bukhari Muslim)
Shalat qiyamu Ramadlan didefinisikan Majelis Tarjih sebagai shalat malam di bulan Ramadlan yang batas waktunya antara pasca shalat Isya hingga fajar sebelum datang waktu Subuh (2011:32-33). Shalat qiyamu Ramadlan ini di luar Ramadlan diistilahkan sebagai shalat tahajud, qiyamullail, dan witir (2003:91) dengan jumlah 11 raka’at. Jumlah 11 raka’at itu dilaksanakan, antara lain, dengan dengan formasi 4-4-3 serta 2-2-2-2-3. Formasi pertama didasarkan pada Hadits yang diriwayatkan Siti Aisyah radhiallahu ‘anhuma dari Bukhari Muslim, formasi kedua didasarkan pada Hadits Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma riwayat Ashabus Sunan (2009:186; dan 2011:37-38) sedangkan formasi kedua dirujukkan pada beberapa Hadits, yaitu Hadits riwayat Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma dalam Ashhabussunan. Formasi ketiga 2-2-2-2-2-1 didasarkan pada Hadits Zaid bin Khalid al-Juhani riwayat Muslim (2010). Penyamaan Majelis Tarjih terhadap shalat qiyamu Ramadlan dengan tahajud, witir, dan qiyamullail serta penggunaan kata “antara lain” dalam buku Tuntunan membuka peluang untuk dilaksanakannya formasi lain sebagaimana yang pernah dipraktekkan Nabi shalallahu ‘alaihi wasallamselama hayatnya.
Formasi-formasi lain Shalat Qiyamu Ramadlan Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam
Di antara formasi lain yang belum disebutkan oleh buku Tuntunan Ramadlan Majelis Tarjih Muhammadiyah adalah sebagai berikut:

a. Formasi 8-1-2
“Dari Abu Salamah dia berkata: ”Saya bertanya kepada Siti Aisyah tentang shalat (malam) Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam Siti Aisyah menjawab, ”Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam menunaikan shalat 13 raka’at. Beliau tunaikan shalat delapan raka’at kemudian menunaikan witir satu raka’at lalu beliau shalat dua raka’at sambil duduk saat hendak ruku’ beliau berdiri kemudian ruku’. Setelah itu, beliau tunaikan shalat (qabla Shubuh) dua rakaat antara adzan dan iqamat sebelum shalat Shubuh.” (H.R. Muslim)

b. Formasi 8-2-1
Dari Said dari Qatadah dengan sanad yang sama dia berkata: Nabi shalallahu ‘alaihi wasallammenunaikan shalat delapan raka’at tidak duduk pada delapan rakaat itu kecuali pada yang kedelapan, kemudian beliau duduk tasyahud lalu berdzikir kepada Allah dan berdoa tasyahud, lalu beliau membaca salam yang nyaring kemudian beliau shalat dua rakaat sambil duduk, setelah beliau salam kemudian beliau shalat satu raka’at. Itulah sebelas raka’at anakku...” (Sunan Abi Daud)

c.  Formasi 9-2
“Dari Sa’ad bin Hisyam dia berkata wahai Ummul Mukminin berikanlah kepada ku tentang shalat witir Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam Siti Aisyah menjawab: ”Kami siapkan siwak dan air wudlu (untuk Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam) hingga Allah membangunkan beliau shalallahu ‘alaihi wasallam pada batas waktu malam sesuai dengan kehendak-Nya, lalu beliau bersiwak dan berwudlu lalu menunaikan shalat delapan raka’at. Beliau tidak duduk tasyahud kecuali pada raka’at kedelapan. Saat beliau duduk, beliau berdzikir kepada Allah seraya berdoa, lalu beliau bangkit tidak membaca salam, kemudian beliau shalat untuk raka’at kesembilan lalu duduk tasyahud berdoa kepada Allah dan bershalawat kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam lalu membaca salam yang nyaring, lalu beliau menunaikan shalat dua raka’at sambil duduk. Itulah seluruhnya berjumlah sebelas raka’at.” (HR. Muslim)

“Dari Abu Salamah dia berkata: Saya bertanya kepada Siti Aisyah, wahai Ibu bagaimana shalat malam Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam? Aisyah menjawab: sembilan raka’at (ditunaikan) sambil berdiri dan dua rakaat (ditunaikan) sambil duduk. Dan dua raka’at antara adzan dan iqamat.” (HR. Ahmad)

d. formasi 10-1
Dari Siti Aisyah radhiallahu ‘anhuma dia berkata: ”Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallammenunaikan shalat malam sepuluh raka’at kemudian menunaikan witir satu raka’at, lalu beliau menunaikan shalat sunat qabla Shubuh dua raka’at.” (HR. An-Nasai)

e. Formasi 4-5-2
Dari Abdullah bin Abbas dia berkata: ”Aku bermalam di rumah bibiku Siti Maimunah, kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam shalat Isya lalu datang untuk menunaikan shalat malam, lalu beliau tunaikan empat raka’at lalu tidur, kemudian beliau bangun dan berwudlu. Kata Abdullah bin Abbas:”Aku tidak mengingat wudlunya, kemudian beliau berdiri untuk menunaikan shalat malam, aku pun ikut berdiri di samping kirinya, lalu beliau menempatkanku di samping kanannya, lalu beliau shalat lima raka’at, lalu dua raka’at, lalu beliau tidur kemudian (bangun lagi untuk) shalat dua rakaat qabla shubuh, lalu beliau keluar rumah menuju masjid untuk shalat shubuh.” (HR. An-Nasai)

f.  Formasi 2-2-2-5
Dari Siti Aisyah dia berkata: “Adalah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menunaikan shalat malam 13 raka’at Beliau menunaikan witir 5 raka’at yang tidak duduk kecuali di akhir Rakaatnya.” (Shahih Muslim)

g. Formasi 8-3
Dari Ummu Salamah dia berkata: ”Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menunaikan shalat malam 13 raka’at (dengan formasi) delapan raka’at kemudian witir 3 raka’at dan menunaikan shalat dua raka’at sebelum Shubuh.” (HR. An-Nasai)

h. Formasi 2-7-2
“Dari Siti Aisyah radhiallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallammenunaikan shalat malam 13 raka’at, beliau melakukan witir 7 raka’at – atau sebagaimana dikatakan Aisyah kemudian Nabi shalallahu ‘alaihi wasallamtunaikan dua raka’at sambil duduk dan dua raka’at sunat sebelum Shubuh.” (HR. Abu Daud)

11 Rakaat Diawali dengan Dua Raka’at Ifititah Khafifatain
Putusan Tarjih tentang Tuntunan Shalat Qiyamu Ramadlan sejak lama telah menetapkan bahwa shalat malam di atas ketika ditunaikan diawali dengan pelaksanaan shalat ifititah khafifatain, shalat dua raka’at yang ringan. Pelaksanannya ketika shalat malam dilaksanakan berjamaah, maka ifititah khafifatain pun ditunaikan berjamaah dengan cara bacaan jahr atau dinyaringkan. Ini, antara lain, didasarkan pada Hadits-Hadits berikut ini:
“Dari Siti Aisyah radhiallahu ‘anhuma dia berkata: ”Adalah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallamketika menunaikan shalat malam memulai shalatnya dengan dua raka’at yang ringan.” (HR. Muslim)

“Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallambersabda: Jika salah seorang di antaramu menunaikan shalat malam maka mulailah shalatnya dengan dua raka’at yang ringan.” (HR. Bukhari Muslim)

“Dari Kuraib “pembantu” Abdullah bin Abbas dia menceritakan bahwa dia bertanya kepada Abdullah bin Abbas bagaimana tentang cara shalat lama Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam? Adullah bin Abbas menjawab: ”Saya bermalam bersama Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam ketika beliau bermalam di rumah Siti Maimunah. Nabi tidur hingga masuk 1/2 atau 2/3 malam. Kemudian bangun menuju wadah yang ada airnya. Nabi berwudlu saya pun berwudlu. Nabi berdiri untuk tunaikan shalat malam saya pun berdiri di samping kirinya, kemudian Nabi menarik saya ke sebelah kanannya, kemudian Nabi pun letakkan tangannya di atas kepala saya, Nabi menggosok-godok telinga saya seakan Nabi bangunkan saya (dari kantuk saya). Kemudian Nabi tunaikan shalat dua rakaat yang ringan. Saya berkata: Kemudian Nabi membaca dalam dua rakaat yang ringan itu surat al-Fatihah dalam setiap rakaatnya kemudian membaca salam. Kemudian tunaikan shalat hingga 11 rakaat dengan witir ...” (H.R. Abu Daud)


*) Tulisan ini sebelumnya pernah dimuat di Majalah Suara Muhammadiyah 13 / 98 | 22 Syakban - 7 Ramadlan 1434 H
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. Terima kasih Ustadz, Sungguh Artikel yang bermanfaat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan agama tentang shalat qiyamullail, barakallah.

    BalasHapus

Item Reviewed: Ragam Formasi Shalat Qiyamullail 11 Raka’at Rating: 5 Reviewed By: Admin 1 TablighMu