728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 10 November 2022

Pondok Pesantren MBS Bumiayu Menjadi Tuan Rumah Halaqoh Kebangsaan Kabupaten Brebes Tahun 2022



 

Brebes – Kabag Kesra Setda mewakili Bupati Brebes, Ahmad Sechu, SH, MH membuka secara resmi Acara Halaqoh Kebangsaan dan penutupan rangkaian Kegiatan Hari Santri Nasional Kabupaten Brebes Tahun 2022 yang berlangsung di Pondok Pesantren MBS (Muhammadiyah Boarding School) Bumiayu Brebes, Kamis (10/11/22).

 

Is Abdurrahman mengatakan bahwa acara yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Brebes tersebut dihadiri oleh Kabag Kesra Setda Brebes (Ahmad Sechu, SH, MH), Kepala Kantor Kemenag Brebes (Drs. H. Fajarin, M.Pd), Kasi Pontren Kemenag Brebes (Dr. H. Akrom Djangka Dausat, M.Si), Ketua BAZNAS Brebes (H. Abdul Haris, S.Ag), Kepala Cabang Bank Jateng Brebes (Juniar Shubchi, MM), Camat Bumiayu (Eko Purwanto, SP, M.Si), Kepala KUA Bumiayu (H. M. Fauzi, S.Ag), Sekretaris PCM Bumiayu (Indra Purwanto, M.Pd), Kapolsek Bumiayu (Kompol Heri Riyanto), Danramil 08 Bumiayu (Kapten Inf. Yitno), Wakil Ketua BPP MBS Bumiayu  (M. Faqih Mahtuh, S.Ag), Ketua PRM Bumiayu (H. Kusen), Mudir MBS Bumiayu (Sutriyono, S.Ag), 140 Pengasuh Pondok Pesantren se-Kabupaten Brebes.

 

“Kegiatan yang dikawal ketat oleh pasukan Kokam, dan Banser Bumiayu serta security MBS Bumiayu tersebut akan diawali dengan pembacaan kalam Illahi yang akan disampaikan oleh Ustadz Ahmad Muzzaky dari Pondok Pesantren Matholiul Hikmah Bumiayu”, ungkap Sekretaris MBS Bumiayu.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Sutriyono, S.Ag selaku Mudir Pondok Pesantren MBS Bumiayu mengucapkan terima kasih kepada Kantor Kementerian Agama dan Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) yang telah mempercayakan MBS Bumiayu menjadi tuan rumah acara Halaqoh Kebangsaan dan penutupan rangkaian Kegiatan Hari Santri Nasional Kabupaten Brebes tahun 2022.

 

“Kami juga bersyukur atas prestasi salah satu santri MBS Bumiayu yang bernama Meisya Haya Anaswa sebagai juara II Pidato Bahasa Arab Puteri pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Kabupaten Brebes 2022,” ungkapnya.

 

Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Brebes, Imam Tobroni, S.Ag bahwa kegiatan Halaqoh Kebangsaan dan penutupan rangkaian Kegiatan Hari Santri Nasional Kabupaten Brebes tahun 2022 akan dihadiri oleh 140 Pondok Pesantren se-Kabupaten Brebes dan 40 tamu undangan. Ia juga menegaskan bahwa kegiatan yang berlangsung di Pondok Pesantren MBS Bumiayu kali ini terdiri dari penutupan rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional (HSN) Kabupaten Brebes tahun 2022 diawali dengan pembagian hadiah untuk para juara lomba dan halaqoh kebangsaan yang akan menghadirkan dua pembicara, yaitu Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (Dr. H. Juri Ardiantoro, Ph.D., M.Si) dan Kasi Pontren Kemenag Brebes (Dr. H. Akrom Djangka Dausat, M.Si).

 

“Namun karena Dr. H. Juri Ardiantoro, Ph.D., M.Si berhalangan hadir, sehingga posisinya digantikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes,” tegasnya.

 

Drs. H. Fajarin, M.Pd, salah satu pembicara Halaqoh Kebangsaan menegaskan bahwa Pondok Pesantren harus mampu melahirkan generasi unggul yang holistic dan peka terhadap perkembangan IPTEK.

 

“Selain itu santri pondok pesantren harus memiliki pondasi keimanan dan ketaqwaan yang mampu bersaing dan memenangkan kompetisi  di era global,” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes tersebut.

 

Pada kesempatan yang sama, Akrom Djangka Dausat selaku pembicara Halaqoh Kebangsaan menyatakan bahwa pasca terbitnya UU Pesantren, jumlah pondok pesantren meningkat dari 18 ribu menjadi 39 ribu. Oleh karenanya harus ada pengawasan ketat terhadap pesantren tersebut sehingga eksistensinya semakin memperkuat dakwah Islamiyah.

 

“Di sisi lain, pondok pesantren juga harus dapat mengikuti perkembangan IT agar dakwah yang digerakan semakin mengakar ke lapisan masyarakat paling bawah. Undang-undang pesantren bukan hadiah dari pemerintah melainkan bentuk penghargaan atas kontribusi para santri,” ungkapnya selaku Kasi Pontren Kemenag Kabupaten Brebes.

 

Acara Halaqoh Kebangsaan dan penutupan rangkaian Kegiatan Hari Santri Nasional Kabupaten Brebes tahun 2022 diakhiri dengan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba Hari Santri Nasional dan doa penutup.

 

“Gus Fifik Taufiqurrahman Lubis selaku Ketua Panitia HSN yang memimpin pembagian hadiah. Sedangkan doa penutup disampaikan oleh Pengasuh Pesantren MBS Bumiayu, Ustadz Utsman Arif Fatkha, Lc., M.Pd,” ujar Wenny Nurul ‘Aini,  S.Pd.I selaku Pengasuh Santriwati MBS Bumiayu.

 

Abdul Aziz Nurrohman M.Pd selaku Kabag Humas MBS Bumiayu menginformasikan. bahwa Penerimaan Santri Baru MBS Bumiayu Tahun Pelajaran 2023/2024 gelombang 1 sudah dibuka sejak tanggal 16 September hingga 16 Desember 2022.

 

“Bagi masyarakat yang ingin menjadi santri di MBS Bumiayu baik untuk tingkat SMP maupun SMA bisa mendaftar secara online melalui situs https://bit.ly/form_mbs maupun offline dengan langsung menuju lokasi MBS Bumiayu yang berada di Jalan KH.Sabrawi No. 5 Kauman, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah 52273, tepatnya sebelah utara Masjid Agung Bumiayu (untuk lebih jelas melihat lokasi bisa klik https://bit.ly/maps_mbs). Adapun terkait dengan keberadaan MBS Bumiayu dapat segera meluncur ke situs kami di https://ppmbsbumiayu.ponpes.id/,” tegasnya. (Bambang Wahyu).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pondok Pesantren MBS Bumiayu Menjadi Tuan Rumah Halaqoh Kebangsaan Kabupaten Brebes Tahun 2022 Rating: 5 Reviewed By: Admin 1 TablighMu