728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 25 Februari 2020

The Power Of Emak-Emak Padati Kajian Ahad Pagi Spesial Mamah Dedeh



Sukoharjo - Muhammadiyah Cabang Blimbing kembali menyelenggarakan Kajian Ahad Pagi Edisi Spesial yang mengusung tema “Solusi Islam dalam Menghadapi Ujian Rumah Tangga” dengan menghadirkan pembicara nasional Mamah Dedeh, Ahad (23/2/2020).

Kajian yang bertempat di Kompleks Masjid Pondok Pesantren Imam Syuhodo ini mendapatkan respon yang luar biasa dari jamaah dan masyarakat, baik di sekitaran Sukoharjo maupun dari luar kota seperti Karanganyar, Klaten, Sragen dan sekitarnya. Antusiasme terlihat semenjak pagi hari sebelum acara dimulai, bahkan bakda subuh ketika jalanan masih berkabut, sudah banyak jamaah yang berjubel di pintu masuk kompleks masjid untuk mendapatkan tempat dan view terbaik serta sedekat mungkin dengan pembicara.

Jamaah yang mayoritas merupakan ibu-ibu ini bahkan beberapa kali harus diingatkan oleh petugas keamanan dari Kokam yang berjaga, agar tidak menghalangi jamaah lain yang hendak lewat. “The power of emak-emak” ini memang luar biasa sekali, Alhamdulillah ghirah dalam kebaikan menghadiri majelis ilmu semoga senantiasa diberi keberkahan oleh Allah SWT.

Pukul 06.00 WIB acara dimulai dengan sambutan terlebih dahulu oleh KH. Wiwaha Aji Santosa (Ketua PD Muhammadiyah Sukoharjo), dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa PDM Sukoharjo mendukung penuh penyelenggaraan Kajian Ahad Pagi khususnya di Muhammadiyah Cabang Blimbing, karena merupakan salah satu pergerakan yang paling berkembang dan banyak jamaahnya, semoga selalu istiqamah dalam dakwah.

Dipandu oleh Fitri Asti selaku moderator, acara dilanjutkan dengan inti kajian dari Mamah Dedeh yang membahas mengenai permasalahan dalam rumah tangga, beliau merupakan pengisi acara “Rumah Mamah Dedeh” yang tayang setiap Senin-Jum’at pukul 08.00 WIB di TV One. Kedatangan Mamah Dedeh di mimbar mendapatkan tepuk tangan riuh dari jamaah serta beberapa ada yang berebut untuk menjabat tangan terkhusus ibu-ibu yang sudah standby di depan mimbar. Selama kurang lebih satu jam Mamah Dedeh bertausiyah, beliau menyampaikan bahwa permasalahan rumah tangga merupakan hal yang biasa dialami oleh pasangan suami istri dalam membangun mahligai pernikahan yang penuh keberkahan, asalkan keduanya memahami benar tugas, kewajiban, dan hak sebagai seorang suami maupun istri sesuai dengan syariat Islam.

Solusi menghadapi permasalahan rumah tangga, beberapa di antaranya: 1) Dahulukan akal/otak dibandingkan hawa nafsu; 2) Bersabar dan tidak pernah putus asa; 3) Usaha untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi; 4) Koreksi diri; 5) Yakin bahwa setiap musibah pasti ada hikmahnya; dan 6) Perbanyak istighfar taubat kepada Allah. Poin-poin yang beliau sampaikan dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami, beberapa kali selingan candaan dari Mamah Dedeh dengan gaya tertawa yang khas, membuat jamaah ikut tertawa dibuatnya.

Kajian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai permasalahan yang sedang dihadapi oleh penanya dan dijawab langsung oleh Mamah Dedeh. Pada kesempatan tanya jawab ini tiga penanya beruntung mendapatkan doorprise berupa merchandise dari salah satu sponsor yang memeriahkan acara yaitu Jilbab Aflaha. Tepat pukul delapan, Mamah Dedeh meninggalkan mimbar menuju tempat transit dikawal oleh barisan Kokam yang siap siaga membuat pagar betis demi keamanan dan kenyamanan perjalanan. Acara resmi ditutup oleh Fitri Asti, moderator yang juga guru SD Imam Syuhodo tersebut dengan beberapa informasi mengenai kajian ahad pagi edisi selanjutnya.

Pantauan kamera udara (drone) memperlihatkan lebih dari 10 ribu jamaah hadir dalam kajian ahad pagi edisi spesial di kompleks Pontren Imam Syuhodo pagi itu, terlihat jamaah berkerumun tidak hanya di kompleks dalam ponpes namun sampai meluber ke jalan-jalan depan maupun samping masjid. Terlihat pula stand-stand sponsor yang juga hadir memeriahkan acara di antaranya: 1) Teh Sepeda Balap, 2) Majalah Hadila, 3) Sabun Cuci Piring Mama Limon, 4) Brownis Cinta, 5) Stand Ortom Muhammadiyah Cabang Blimbing (Bidang Ekonomi PCPM Blimbing dan PCA Blimbing, Bidang KK PCNA Blimbing, serta stand bidang kesehatan Lazismu Cabang Blimbing). Tidak ketinggalan pula beberapa personil dari MMC (Muhammadiyah Media Center) Cabang Blimbing yang berlalu lalang mengontrol tampilan layar LCD, dokumentasi, dan streaming yang mendukung terselenggaranya kajian ahad pagi secara maksimal.

Secara umum kajian berlangsung dengan aman dan kondusif, kekhawatiran panitia dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, Allah beri kelancaran dengan pagi yang cerah sehangat mentari pagi yang menyinari, meskipun dengan beberapa evaluasi seperti kurangnya layar LCD, sound kurang meluas dan beberapa kendala teknis lain yang perlu diperbaiki pada penyelenggaraan selanjutnya. Baarakallahufiiykum, semoga Allah senantiasa membersamai langkah-langkah penggerak, pengemban dakwah, dan pelecut asa dalam pergerakan Islam berkemajuan. Fastabiqul Khairat! (Reporter: FAWU)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: The Power Of Emak-Emak Padati Kajian Ahad Pagi Spesial Mamah Dedeh Rating: 5 Reviewed By: Admin 1 TablighMu