728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 22 Desember 2016

Pernyataan Resmi PP Muhammadiyah Terkait Aleppo


Pernyataan Sikap PP Muhammadiyah 
Terkait Tragedi Kemanusiaan di Aleppo 
Nomor: 635/PER/I.0/A/2016
 
Perang sipil yang berlangsung selama empat tahun di Suriah telah menyebabkan kurang lebih 450.000 rakyat Suriah, 50.000 di antaranya anak-anak sebagai korban tewas, 4.810.981 rakyat Suriah menjadi pengungsi di negara-negara sekitar Suriah seperti Yordania, Lebanon, Irak, Mesir dan Turki. Terakhir, perang di Aleppo menyebabkan ratusan ribu masyarakat sipil terkepung di antara kelompok yang berperang. Tragedi kemanusiaan berupa jatuhnya korban-korban tewas karena perang terus berlangsung setiap hari di tengah pengepungan ini.

Menyikapi situasi terkini di Suriah, PP Muhammadiyah menyatakan sikap sebagai berikut:

Pertama, PP Muhammadiyah mendesak kepada para pihak yang berkonflik untuk membuka akses dan bantuan kemanusiaan untuk korban perang serta melanjutkan proses evakuasi masyarakat sipil yang masih terjebak di Aleppo untuk diungsikan ke tempat yang lebih aman.
 
Kedua, PP Muhammadiyah menyerukan  perdamaian kepada seluruh pihak terkait.
 
Ketiga, PP Muhammadiyah mendorong transisi damai menuju Suriah yang sejahtera, damai, dan bermartabat dengan mediasi PBB dan bukan oleh institusi level negara.
 
Keempat, PP Muhammadiyah menyerukan kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk memelihara persaudaraan dan perdamaian antar anak negeri dan mendorong supaya lebih selektif dan kritis dalam menerima dan membagi informasi baik online ataupun offline, terutama terkait dengan isu konflik di Suriah.
 
Kelima, PP Muhammadiyah mendorong Pemerintah Republik Indonesia untuk lebih aktif berpartisipasi dalam perdamaian dunia dengan mengedepankan prinsip-prinsip kemanusiaan, keadilan, netralitas, dan kebebasan. 

Jakarta, 20 Rabiul Awal 1438 H/20 Desember 2016 
Ketua,


Prof. Dr. H. Bahtiar Efendi 
NBM 744.626
 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pernyataan Resmi PP Muhammadiyah Terkait Aleppo Rating: 5 Reviewed By: Admin 1 TablighMu