728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 05 Mei 2015

Rahasia Sebuah Beasiswa

Judul Buku : Beasiswa 5 Benua
Penulis : Ahmad Fuadi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Pertama, September 2014
Tebal : 178 halaman
   
“Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman. Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang. Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan. Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang.”
(Imam Syafi’i, 787-820 M)

Syair dari Imam Syafi’i tersebut layaknya sebuah ‘bait sakti’. Karena darinya lah seseorang bisa punya kerja yang luar biasa untuk mewujudkan impian berkeliling dunia. Dialah Ahmad Fuadi, sang petualang dunia yang menuliskan rahasianya untuk bisa kita nikmati. Walaupun statusnya hanya anak kampung, dia memberanikan diri punya cita-cinta melangit. Sekolah ke luar negeri.
Salah satu yang menguatkan motivasi Fuadi untuk keluar negeri adalah saat belajar di Pondok Modern Gontor, banyak kyai dan gurunya yang lulusan luar negeri. Maka sejak kuliah di Unpad, dia menjadi pemburu segala kesempatan untuk belajar di luar negeri. Dan hasilnya tidak main-main. Dia tidak kurang sudah 10 mendapatkan kesempatan untuk belajar keluar negeri dalam berbagai program. Mulai dari scholarship, fellowship, exchange dan residency program. Mulai dari Kanada, Singapura, Amerika Serikat, Inggris hingga Italia pernah ia jejaki.
Apa saja kiat dan rahasianya? Kamu bisa mendapatkan semuanya di buku ini. Ada 100 kiat berburu beasiswa luar negeri. Mulai dari membentuk pola pikir mungkinnya belajar ke luar negeri jika ada kemauan, mencari informasi macam-macam beasiswa yang tersedia, kiat hidup dan kuliah sukses di negeri orang, sampai kalau nanti akhirnya lulus dan kembali ke Indonesia mau ngapain. Di akhir bab, Fuadi juga secara praktis menuliskan informasi awal beasiswa di 20 negara lengkap dengan link internetnya.
Secara keseluruhan, Fuadi membagi topik-topik di atas dalam 10 bagian, yaitu: (1) Sekolah Ke Luar Negeri Gratis, Mungkinkah?; (2) Dari Mana Mulai Berburu Beasiswa?; (3) Beasiswa Untuk Lulusan Apa Saja?; (4) Beasiswa Untuk Profesi Apa Saja yang Tersedia?; (5) Kiat Mengisi Formulir Beasiswa; (6) Kiat Ampuh Menghadapi Tes Wawancara; (7) Hari Pengumuman, Lalu Apa?; (8) Hidup dan Kuliah Di Negeri Orang; (9) Selepas Lulus Kuliah, Ke Mana?; (10) Sumber Beasiswa dari Berbagai Negara.
Nah, bagi kamu yang punya cita-cita untuk sekolah keluar negeri, buku ini sayang banget buat dilewatkan. Semoga kita semua dapat meraih impian masing-masing. Aamiin... [Ahmad Nasri]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Rahasia Sebuah Beasiswa Rating: 5 Reviewed By: Admin 1 TablighMu