728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 28 Februari 2015

Komnas HAM Mengusut Penyerobotan Masjid Assalam Secara Paksa

 
JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menerima pengaduan dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Cengkareng tentang pengambilalihan Masjid Jami Assalam di kawasan Cengkareng Barat, Jakarta Barat sekitar dua pekan lalu. Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner Komnas HAM, Meneger Nasution.
 
Ia mengatakan, pihak PCM Cengkareng merasa bahwa Masjid Jami Assalam telah diambilalih oleh sekelompok orang secara paksa dengan mengganti kepengurusan masjid, daftar imam masjid serta mencopot plang masjid.

Kejadian ini telah dilaporkan ke pihak kepolisian. Namun tidak mendapat respon lebih lanjut. Sehingga pihak PCM Cengkareng meminta bantuan Komnas HAM dalam menyelesaikan permasalahan ini.

"Maka dalam pandangan Komnas HAM ini sesungguhnya menjadi catatan Komnas HAM kasus-kasus intoleransi. Karena dilarang mengamalkan keagamaan. Ada yang diteror dan diancam. Kelompok PCM ini merasa karena mereka yang punya hak dari awal. Maka Komnas HAM akan mendorong negara agar kemudian menyelesaikan masalah. Jangan justru menjadi bagian dari masalah," ujar Meneger Nasution saat ditemui di Kantor Komnas HAM Jakarta, Jumat (27/2/2015), seperti dilansir laman Sangpencerah.

Menurutnya, jika masalah ini tidak segera diselesaikan maka akan menimbulkan peluang konflik horizontal yang besar. Hal ini dikarenakan, masjid sudah beroperasi lebih dari 10 tahun. Sehingga tindakan preventif perlu segera dilakukan.

Untuk itu, pada minggu depan Komnas HAM akan memanggil jajaran Pemerintah Kota Jakarta Barat, camat, lurah, RW, RT hingga pihak kepolisian Cengkareng untuk meminta klarifikasi dan mendorong jajaran pemerintah untuk bersifat profesional dalam menyelesaikan kasus pengambilalihan masjid tersebut.

Ia meminta agar semua pihak menahan diri agar permasalahan ini tidak memicu konflik.  Ia menambahkan, pihak PCM tidak mempermasalahkan jika masjid digunakan oleh warga sekitar.

"Saat ini statusnya masih beroperasi. Justru informasi terakhir warga sudah masuk ke  dalam. Tolong semua menahan diri. Kita bisa bayangkan kalo sudah diambilalih gitu," katanya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Komnas HAM Mengusut Penyerobotan Masjid Assalam Secara Paksa Rating: 5 Reviewed By: Admin 1 TablighMu